Ternyata Begini Cara Membuat Tepung Jagung

Cara Membuat Tepung Jagung - Di beberapa daerah, jagung dijadikan sebagai makanan pokok. Diketahui bahwa jagung dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan olahan. Aneka makanan olahan berbahan dasar jagung antara lain bungkil jagung, lontong jagung, sop jagung, martabak jagung, permen jagung, dan es krim jagung. Hmm, enak banget…!

Selain diolah menjadi berbagai olahan makanan, jagung juga bisa diolah menjadi tepung jagung atau yang biasa kita kenal dengan tepung maizena menggunakan mesin pemipil jagung.

Bagi Anda yang suka memasak atau hanya ingin mencobanya, Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah karena bahan dan alatnya sangat mudah ditemukan. Yuk simak cara membuat tepung jagung di bawah ini!

CARA MEMBUAT TEPUNG JAGUNG

bahan

jagung secukupnya

Alat

pengaduk

Pemipil jagung / perontok jagung

saringan atau saringan

Cara membuat tepung jagung

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jagung yang berkualitas. Pastikan jagung yang Anda pilih benar-benar jagung yang sudah tua.

  2. Jika Anda memilih jagung yang sudah tua, jemur tongkolnya di bawah sinar matahari langsung. Keringkan jagung sampai benar-benar kering.

  3. Saat jagung sudah kering, biji jagung bisa dikeluarkan, jika kesulitan bisa menggunakan mesin perontok jagung untuk mempercepat proses pembuatan tepung.

  4. Blender biji jagung hingga teksturnya halus.

  5. Saat memblender biji jagung, hasilnya halus dan kasar secara alami. Anda bisa memisahkan tepung halus dan kasar dengan ayakan atau ayakan. Ambil tepung kasar dan aduk kembali hingga tekstur menjadi halus.

  6. Jika tepung yang dihasilkan terasa lembap, maka keringkan kembali.

  7. Tepung siap untuk membuat berbagai olahan.

Nah, itu tadi bagaimana cara membuat tepung jagung yang sangat mudah. Bagi Anda yang belum tahu pasti bagaimana cara mengolah tepung jagung, Anda bisa mencoba membuat berbagai makanan olahan dari tepung jagung ini.

MAKANAN OLAHAN YANG TERBUAT DARI JAGUNG

Makanan olahan berbahan dasar tepung jagung sangat beragam, lho! Roti jagung brokoli

Bahan:

• 17 ons campuran roti jagung

• 4 butir telur besar

• 1 cangkir krim asam

• 3/4 cangkir mentega, dilelehkan

• 1 sdt bawang putih bubuk

• 1 sdt bubuk paprika

• sdt garam

• 12 ons brokoli

• 3/4 cangkir bawang bombay potong dadu

• 2 cangkir keju cheddar parut

Pilihan produksi:

  1. Panaskan oven hingga 375 derajat F (190 derajat C). Olesi wajan berukuran 9 x 13 inci atau semprotkan dengan semprotan masak antilengket.

  2. Dalam mangkuk besar, campurkan campuran roti jagung, telur, krim asam, mentega cair, bubuk bawang putih, paprika, dan garam. Kocok hingga rata dan halus.

  3. Potong brokoli menjadi potongan-potongan kecil. Tambahkan brokoli, bawang potong dadu, dan 1 1/4 cangkir keju parut ke dalam campuran roti jagung. Aduk hingga semuanya tercampur dengan baik.

  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Kemudian taburi sisa 3/4 cangkir keju parut di atasnya.

  5. Panggang hingga pinggirannya berwarna cokelat keemasan, sekitar 40 menit, periksa dengan tusuk gigi jika sudah matang. Dinginkan selama 10 menit sebelum dipotong untuk disajikan.

Muffin Roti Jagung Bebas Gluten

Bahan kering:

• 1 cangkir tepung jagung bebas gluten

• 1 cangkir tepung gandum bebas gluten

• 2 sdt baking powder bebas gluten

• 1/4 sdt garam

bahan basah:

• 1 cangkir susu almond tanpa pemanis

• 1 sdt cuka sari apel

• 2 butir telur, suhu ruangan

• 1/4 cangkir madu

• 1/4 cangkir mentega, dilelehkan dan didinginkan (atau gunakan mentega vegan)

Pilihan produksi:

  1. Panaskan oven hingga 375 derajat F (190 derajat C). Olesi 12 liner muffin dengan semprotan masak antilengket atau lapisi dengan kertas foil agar muffin tidak lengket.

  2. Dalam mangkuk besar, campur bahan kering: tepung maizena, tepung terigu, baking powder, dan garam.

  3. Dalam mangkuk besar terpisah, campur bahan basah: susu almond, cuka sari apel, telur, dan madu.

  4. Tambahkan bahan kering ke bahan basah dan aduk dengan sendok sampai tercampur rata.

  5. Terakhir masukkan mentega cair. Bagi adonan secara merata di antara lapisan muffin yang sudah disiapkan.

  6. Panggang 18-22 menit atau sampai tusuk gigi keluar bersih. Sajikan hangat dengan sedikit mentega dan madu.

MANFAAT JAGUNG

Jagung memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan remehkan jagung yang memiliki banyak manfaat.

• Sumber vitamin

Jagung merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin B, terutama niasin dan tiamin, yang penting untuk menjaga sel saraf dan fungsi kognitif. Sangat baik jika jagung ini dikonsumsi oleh orang yang menderita gizi buruk. Jagung sebagai sumber protein, lemak dan karbohidrat, biji jagung juga mengandung vitamin E yang merupakan antioksidan alami yang penting untuk perlindungan dan pertumbuhan.

• Sumber kalori

Jagung memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga jagung dijadikan sebagai makanan pokok karena kandungan kalori pada jagung termasuk dalam biji-bijian berkalori tinggi. Dengan memakan jagung ini, berat badan Anda akan bertambah dengan cepat. Sangat cocok untuk seseorang yang ingin menambah berat badan.

• Mencegah anemia

Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada jagung berpotensi mencegah anemia akibat kekurangan vitamin. Jagung mengandung zat besi yang tinggi dan mungkin merupakan salah satu mineral penting yang berguna untuk pembentukan sel darah merah baru. Sehingga jagung ini dapat digunakan dalam upaya mencegah anemia.

• Kaya akan mineral

Jagung ini memiliki kandungan mineral yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan mineral dalam jagung, seperti selenium, sangat sulit ditemukan pada makanan lain. Mengandung fosfor, magnesium, seng, mangan, tembaga dan besi. Kadar fosfor dalam jagung sangat penting untuk pengaturan pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi ginjal yang optimal. Magnesium dibutuhkan untuk menjaga detak jantung normal dan dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Selain manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat penting jagung untuk kesehatan. Dengan kandungan gizi jagung yang tinggi, akan lebih baik jika jagung ini Anda manfaatkan untuk hidup sehat.