Macam Macam Hewan Ternak

Hewan ternak mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sapi atau hewan yang disebut rajakaya dalam bahasa Jawa adalah salah satu jenis hewan yang dipelihara dengan tujuan sebagai sumber makanan, penunjang aktivitas manusia, dan sumber berbagai contoh industri rumahan. Kegiatan memelihara ternak disebut peternakan.

Namun, jelas bahwa sapi adalah hewan yang dipelihara dan digunakan untuk konsumsi dan industri. Banyak nama peliharaan juga digunakan untuk energi untuk membantu manusia.

Peternakan

Peternakan adalah suatu bentuk tindakan yang disengaja untuk mencapai tujuan konsumsi, bahan baku untuk industri, dan bantuan untuk aktivitas manusia melalui pemeliharaan ternak.

Dengan demikian, ada banyak jenis ternak yang sengaja diperkaya untuk hewan peliharaan, baik untuk kepentingan pekerja peternakan sebagai bahan makanan seperti telur, susu atau daging, atau untuk digunakan sebagai bahan baku dalam industri makanan.

Jenis Ternak

Jenis-jenis ternak menurut ukurannya tidak terbatas pada contoh-contoh di bawah ini.

Unggas Ternak

Kelompok yang termasuk dalam contoh unggas antara lain ayam, itik, itik, dan angsa. Manfaat beternak unggas dimanfaatkan untuk daging, telur bahkan bulunya. Bisa juga digunakan untuk hiburan berupa vokalisasi dan keindahannya.

Ternak, dalam arti unggas, karenanya selalu digunakan sebagai bahan industri, bahan makanan, dan sumber pelengkap aktivitas manusia.

Peternakan Hewan Kecil

Contoh ternak kecil antara lain babi, kambing, domba bahkan kelinci. Hal ini ditandai dengan tubuhnya yang kecil. Manfaat memelihara hewan ini mencakup daging, kulit, dan bahkan susu mereka. Pemeliharaan merupakan investasi karena tidak membutuhkan modal yang besar, melainkan menghasilkan keuntungan.

Oleh karena itu, hewan peliharaan kecil diatur dan dikelola oleh industri peternakan (manusia), dan dibesarkan untuk tujuan menghasilkan bahan dan jasa yang berguna bagi kehidupan manusia.Anda setidaknya harus memahami apa yang termasuk. .

Peternakan Hewan Besar

Ternak besar meliputi sapi, kuda, dan kerbau. Hewan ini dicirikan oleh tubuhnya yang besar. Hewan-hewan ini digunakan untuk susu, kulit dan daging. Selain itu, kotoran hewan berukuran besar ini dapat digunakan sebagai pupuk penginderaan kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah dan produktivitas tanaman.

Serangga Peliharaan

Serangga juga dapat digunakan sebagai sumber makanan dan bahan industri. Misalnya, lebah menghasilkan madu untuk dimakan manusia. Larva serangga juga dapat dimanfaatkan sebagai ulat sutera yang dapat menghasilkan serat untuk industri tekstil.

Di sini sangat jelas bahwa hewan piaraan pemakan serangga adalah hewan yang tidak dijinakkan, kecuali yang dijinakkan.Termasuk hewan dewasa untuk tujuan apapun. Vertebrata yang lebih rendah juga dapat digunakan untuk bagian tubuh. Misalnya, ikan dan katak. Ikan digunakan untuk daging dan sirip. Katak juga dapat digunakan untuk konsumsi dan pengobatan alternatif.

Contoh Ternak

Di bawah ini adalah contoh jenis-jenis ternak yang dapat dijumpai dalam kehidupan masyarakat.

Kambing

Kambing banyak dipelihara oleh sebagian masyarakat terutama di daerah pedesaan. Daging kambing begitu banyak dinikmati oleh masyarakat sehingga masyarakat umum sering mencari daging kambing. Selain itu, daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah rendah.

Daging kambing juga relatif terjangkau, sehingga banyak masakan berbahan dasar daging kambing, seperti kari, dan sate.

Kambing memiliki bulu yang tebal dan berwarna putih. Hewan ini dilahirkan untuk berkembang biak dan memiliki empat kaki. Kambing juga memiliki tanduk. Kamu bisa memotong rumput dengan mesin pemotong rumput untuk pakannya.

Lembu

Seperti kambing, sapi mengkonsumsi daging dan menggunakan energi itu untuk membantu petani di ladang. Banyak makanan olahan yang berasal dari daging sapi. Berawal dari teknologi di bidang pangan, daging sapi digunakan sebagai bumbu masakan.

Seekor sapi adalah sapi besar. Seekor sapi memiliki empat kaki. Tubuhnya yang besar memiliki punuk yang menyerupai unta. Hewan-hewan ini berkembang biak dengan lahir.

Ayam

Anda bisa melihat banyak ayam di pemukiman penduduk. Ayam digunakan untuk daging dan telur untuk konsumsi manusia. Bulu juga dapat digunakan sebagai kemoceng. Pemeliharaan unggas ini sangat mudah dan murah.

Tubuh ayam ditutupi dengan bulu berwarna atau hanya satu warna. Ayam ini memiliki dua kaki. Hewan ini berkembang biak dengan bertelur.

Banyak jenis ayam yang digunakan untuk barbekyu dan keperluan lain yang dapat dimakan